Jumat, 15 Februari 2013

Teknik dasar bermain bulutangkis

Semua orang bisa main bulutangkis! tapi... banyak yang mengabaikan teknik bermain bulutangkis yang benar. So... akhirnya mainnya tidak ada peningkatan, alias mentok disitu-situ aja. Masih ingat Taufik Hidayat..."Pemain yang satu ini  Idola Saya, Saya salut sama pukulan backhand smashnya yang di atas rata - rata. Kalau ingin seperti "Taufik" kita harus mengetahui dulu teknik teknik dasarnya. Berikut ada beberapa teknik dasar bermain bulutangkis untuk pemula :

 Teknik memegang raket :

Teknik bermain bulu tangkis yang pertama adalah teknik memegang raket. Buat pemula, memegang raket harus ada caranya. Terkadang walaupun tenaga kita kuat dan sudah mengayun dengan kencang tapi cock/bola tidak terlempar jauh. Hal ini disebabkan kesalahan dalam memegang raket.

Teknik memegang raket atau gripping ini terletak pada saat mengayunkan cock, yang bergerak adalah pergelangan tangan. Jadi, bukan tangan yang bergerak melainkan pergelangan tangan, karena ayunan akan lebih kuat sehingga bola akan meluncur jauh. Selain itu, dengan menggerakkan pergelangan tangan maka tenaga yang kita keluarkan lebih sedikit, jadi tidak cepat lelah.



Gerak kaki / foot work :
Dalam teknik bermain bulu tangkis yang harus diatur adalah gerakan kaki atau footwork. Gerak dan langkah kaki yang tepat akan membantu di dalam menjaga stamina tubuh dan mencegah terjadinya kelelahan karena energi cepat terkuras habis.

Teknik bermain bulu tangkis ini bisa dilakukan dengan cara mengatur langkah kaki sesuai dengan ritme dari permainan. Contohnya yaitu: saat ingin melakukan gerakan membalik bola dari arah dropshot backhand, gerakan kaki imulai dari langkah kecil ke arah kiri lebih dulu yang diikuti oleh gerak kaki melangkah besar ke arah kanan pada sikap backhand.



Gerak memukul :

Teknik bermain bulu tangkis berikutnya adalah gerak memukul cock/bola. Gerakan memukul bola ini berkaitan dengan sikap dan posisi tubuh saat bermain.

Contoh salah gerakan dan posisi tubuh saat memukul atau hitting position adalah: untuk memukul ke arah atas atau overhead dengan menggunakan tangan kanan memegang raket, posisi atau sikap badan menyamping ke arah net.

Kaki kanan di belakang sedangkan kaki kiri di depan, sehingga pada saat akan memukul bola, kaki kiri lebih siap menerima beban berat badan dan mencegah agar tidak terjatuh.



Mempelajari teknik bermain bulu tangkis memang memerlukan waktu yang tidak sebentar. Butuh banyak kedisiplinan, latihan yang teratur dan kesabaran. Ayo, mulai berlatih!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar